Senin, 04 Februari 2013

Pola Diet Untuk Mengatasi Masalah Hipertensi

Apakah Anda adalah penderita hipertensi? 

Jika ya, apakah Anda sudah teratur minum obat mengkontrol tekanan darah? Jika belum, maka kita akan sedikit membahasnya.

pola diet untuk mengobati hipertensi
Hipertensi sebenarnya merupakan penyakit yang tidak begitu berbahaya. Akan tetapi yang perlu untuk Anda waspadai adalah komplikasi dari hipertensi tersebut. Karena ia adalah penyakit pembuluh darah, dan pembuluh darah ada di semua organ mulai dari kepala hingga ujung kaki, maka komplikasinya pun meliputi hampir di semua organ di seluruh tubuh Anda. Organ yang paling sering terkena dampak dari hipertensi ini antara lain otak, yang jika pecah akan menyebabkan stroke, dan jantung yang jika tersumbat akan menyebabkan serangan jantung (heart attack).

Lawrence Appel, seorang profesor di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menjelaskan, seiring tekanan darah yang meninggi, risiko terkena serangan jantung, stroke dan gangguan ginjal juga semakin bertambah.

Meskipun demikian Anda tidak perlu terlalu khawatir. Hipertensi bisa diatasi dengan mengikuti pola diet yang bisa meminimalisir tekanan darah tinggi sekaligus melindungi kesehatan. Dikutip dari Aol Health, ada tiga strategi yang harus Anda fokuskan dalam diet melawan hipertensi.

Tips Diet Untuk Melawan Hipertensi

1. Kurangi Sodium

Sodium bekerja seperti pengawet makanan. Makanan olahan biasanya banyak mengandung sodium dan jika terakumulasi di tubuh dalam jangka waktu lama, akan mengganggu fungsi ginjal. Jika ingin membeli makanan olahan, perhatikan daftar nutrisinya. Appel menyarankan batasan aman sodium yang dikonsumsi maksimal 200 mg. Agar lebih aman, sebaiknya Anda pilih bahan makanan segar yang lebih sedikit sodium.

2. Kurangi Berat Tubuh

Jika Anda kelebihan berat tubuh, menurunkannya bisa berdampak positif terhadap tekanan darah. Namun, penurunan berat yang terlalu drastis bisa berakibat buruk pada kesehatan secara fisik dan mental. Bahkan justru bisa semakin menaikkan tekanan darah. Ada baiknya jika Anda berkonsultasi dulu dengan ahli gizi dan nutrisi untuk mendapat panduan diet yang tepat.

3. Terapkan DASH Diet

Anda bisa menerapkan pola DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) untuk mengatasi tekanan darah tinggi. DASH mengubah cara Anda makan, dengan fokus pada konsumsi sayur dan buah segar, gandum utuh, susu rendah lemak dan daging putih. Mulailah memasukkan banyak sayur, buah dan susu rendah lemak pada makanan Anda setiap hari.

“Berdasarkan bukti-bukti penelitian, memulai pola diet ini sejak dini bisa menurunkan tekanan darah tinggi sepanjang hidup Anda,” tutur Appel.

Demikian sedikit tips pola diet untuk mengatasi hipertensi, semoga bermanfaat. Silahkan Anda baca juga Obat Herbal Yang Efektif Untuk Mengatasi Hipertensi
Title: Pola Diet Untuk Mengatasi Masalah Hipertensi; Written by Source Code Mas Is; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar