Rabu, 13 Februari 2013

Manfaat Daun Jati Cina, Efek Samping dan Kontra Indikasinya

khasiat daun jati cina, efek samping dan kontra indikasi
Daun Jati Cina (Nama latin: Cassia Angustifolia) cukup familier dalam dunia herbal, dan banyak dikenal sebagai herbal pelangsing alami. Ya, memang ketika Anda mengkonsumsi herba ini, efek yang paling cepat dirasakan adalah perut jadi murus-murus dan banyak buang air besar. Namun tahukah Anda apa sebenarnya kandungan dari herba ini? Apa saja manfaat dan penggunaannya? Apa efek samping dari mengkonsumsi dan siapa saja yang tidak boleh mengkonsumsinya? Dalam posting kali ini kita akan membahas sedikit tentang Daun Jati Cina, Penggunaan, Manfaat dan Efek Sampingnya.

Daun Jati Cina atau dikenal juga dengan nama Daun Senna merupakan tumbuhan semak rendah, tingginya hanya mencapai 1,5 m. Daunnya majemuk menyirip genap (tanpa anak daun ujung), mempunyai 3-7 pasang helai, menyempit atau membulat, warnanya hijau terang hijau kekuningan. Tumbuhan ini memiliki bunga lengkap dan sempurna, berbilangan lima, bersimetri tunggal. Kelopaknya memiliki 5 daun kelopak. Daun mahkota kuning dengan urat coklat, 5 buah, susunan sirap. Benang sari memiliki bagian steril (staminodia). Buah elips lebar, kadang bentuk ginjal, pipih, buah masak pecah, panjang 4-7cm dengan lebar 2 cm, biji 6- 10 perbuah.

Daun dan biji dari Daun Jati Cina mengandung glikosida antrasena yaltu senosida A,B,C,D,E,F; glikosida rhein, sejumlah kecil aloeemodin, musilago (10%), flavonoid (turunan kaemferol), glikosida naftalena, isoramnetin, asam krisofanat, senakrol, senapikrin, katartomanit, ß-sitosterol.

Penyakit Yang Dapat Diobati Dengan Daun Jati Cina


EFEK BIOLOGI DAN FARMAKOLOGI

Fraksi polisakarida Daun Jati Cina yang diuji dengan allogenic tumor Sarcoma-180 pada mencit, berefek positif dalam penghambatan pertumbuhan Sarcoma-180. Senosida A dalam tubuh akan mengalami suatu reaksi hidrolisis enzimatik dan reduksi oleh bakteri flora usus (Entamoeba coli) menjadi rein antron. Rein antron merupakan suatu senyawa yang menginduksi sekresi air dan mencegah reabsorpsi air dalam saluran pencernaan, sehingga dapat digunakan dalam upaya penyembuhan konstipasi akut .

FARMAKOLOGI KLINIK

Waktu aksi Daun Jati Cina berkisar antara 8-10 jam, sehingga sebaiknya diminum pada waktu malam. Senosida dapat menghilangkan keluhan konstipasi pasien (irritable bowel syndrome). Pada dosis terapi tidak ditemukan adanya gangguan kebiasaan waktu defekasi; dapat melunakkan tinja dan meningkatkan kecepatan transit makanan dalam kolon melalui peningkatan gerakan peristaltik. Senosida sedikit diserap pada bagian atas saluran gastrointestinal.

EFEK YANG TIDAK DIINGINKAN

Pada penggunaan jangka panjang atau penggunaan yang salah akan berakibat pada kehilangan elektrolit (terutama ion kalium) serta dapat menjadi penyebab albuminuria, hematuria, deposisi pigmen pada mukosa usus dan kerusakan pada myenteric plexus.

Adanya interaksi dengan glikosida jantung (digitalis, strophanthus) dapat terjadi peningkatan ekskresi ion kalium. Pada hipokalemia (karena penggunaan laksatif angka panjang), dapat terjadi peningkatan efek obat antiaritmia (seperti misaInya kinidin). Penggunaan dengan obat lain yang menginduksi terjadinya hipokalemia seperti tiazida, adrenokortikosteroid atau Liquiritiae Radix dapat memacu timbulnya ketidak seimbangan elektrolit.

Daun Jati Cina juga dapat menyebabkan kesakitan dan dermatitis. Gejala utama yang timbul akibat overdosis adalah diare yang hebat, sehingga ada kemungkinan kehilangan cairan dan elektrolit.

KONTRA INDIKASI

Illeus, kerusakan usus, stenosis, atoni, radang, colonopathics, appendisitis, status dehidrasi, konstipasi kronik, wanita hamil, dan menyusui, serta anak anak di bawah umur 10 tahun. 

KEGUNAAN DI MASYARAKAT

Digunakan pada upaya mengatasi sembelit (sebagai "urus-urus"), ambeien, setelah operasi rektalanal, pengosongan lambung sebelum foto rontgent; sebelum dan sesudah operasi abdominal.

Cara untuk upaya mengatasi sembelit:

Digunakan suatu ramuan yang terdiri dari daun senna, daun iler, daun kaki kuda masing?masing ¼ genggam, daun saga manis dan daun jintan masing-masing 1/5 genggam, daun meniran 1/6 genggam, daun papaya, rimpang  kunyit 1/4 jari, rimpang temulawak ½  jari, klembak 3/5 jari, asam trengguli 2 jari, gula enau 3 jari. Masing-masing dicuci, dipotong- potong dan direbus dengan air sebanyak 4  gelas, sehingga tinggal separohnya; setelah dingin disaring, kemudian diminum, 3 kali sehari, ¾ gelas.

Sumber: Penelitian IPTEK
Title: Manfaat Daun Jati Cina, Efek Samping dan Kontra Indikasinya; Written by Source Code Mas Is; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar