Selasa, 15 Januari 2013

Cara Mendeteksi Diabetes Lewat Mulut

mendeteksi diabetes melalui mulut
Penyakit diabetes hampir menjadi momok bagi masyarakat dunia saat ini. Komplikasi dari diabetes ini bisa menyerang hampir seluruh organ tubuh. Salah satu organ yang mudah mudah untuk diamati adalah melalui mulut.

Kesehatan mulut yang buruk tak hanya disebabkan karena Anda malas untuk menyikat gigi. Tetapi, bisa jadi akibat penyakit diabetes yang diderita.

Berikut ini beberapa tanda-tanda penyakit diabetes yang bisa dilihat melalui mulut, sebagaimana dilansir dalam Medicmagic (14/1).

Tanda yang pertama adalah adanya kerusakan gigi. Meningkatnya kadar glukosa akan memperburuk kerusakan gigi. Bakteri dalam mulut akan dengan cepat berinteraksi dengan makanan manis yang dikonsumsi, sehingga membentuk plak gigi.

Tanda kedua potensi diabetes adalah terjadinya pembusukan gigi. Bagi penderita diabetes, tubuh akan kesulitan melawan bakteri karena penyakit ini menyebabkan sistem imun tubuh menurun. Akibatnya, terjadi peradangan dan pembusukan gusi.

Tanda yang ketiga adalah mulut kering. Mulut kering menjadi tanda diabetes, karena berkurangnya produksi air liur oleh kelenjar air liur. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan sariawan, nyeri, infeksi dan kerusakan gigi.

Tanda diabetes keempat bisa dilihat adanya infeksi jamur. Tingginya tingkat gula dalam air liur akan mendorong pertumbuhan jamur yang memicu terjadinya infeksi dan akan berkembang menjadi luka. Selain itu, jamur juga bisa menyebabkan luka pada lidah.

Nah, coba Anda perhatikan. Apakah gejala-gejala tersebut terlihat pada mulut Anda? Jika ya, segera periksa kadar gula darah Anda.
Title: Cara Mendeteksi Diabetes Lewat Mulut; Written by Source Code Mas Is; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar