Minggu, 16 Desember 2012

Diabetes, Penyebab dan Penyebarannya

pengobatan diabetes
Penyakit Diabetes atau kencing manis akhir-akhir ini telah menjadi salah satu penyakit yang mampu menarik sorotan dunia. Meskipun sebenarnya tidak begitu mematikan, namun penyakit ini bisa menjadi ‘gerbang’ bagi munculnya penyakit-penyakit kronis lain yang lebih parah dan sangat mematikan.
Berdasarkan laporan Detik, di Indonesia perkembangan penyakit ini juga dipengaruhi oleh budaya setempat.
Di antara beberapa kebiasaan yang menjadi faktor risiko yang dapat memicu munculnya penyakit kronis antara lain seperti merokok, pola makan, konsumsi alkohol, aktivitas fisik dan stres adalah contohnya. Apabila meremehkan hal ini, maka bisa memunculkan risiko lain yang lebih berbahaya, misalnya diabetes, hiperglikemia dan obesitas.
Pada akhirnya, obsesitas dan diabetes dapat memicu stroke, penyakit ginjal kronik, kanker serta penyakit jantung koroner dan pembuluh darah. Selain itu, ada juga faktor-faktor risiko lain yang melekat dan sulit dihindari, misalnya faktor lingkungan. Pada penyakit diabetes, ternyata kecenderungannya juga dipengaruhi oleh kultur setempat.
“Di Indonesia, para pengidap diabetes kebanyakan ada di daerah yang suka makan makanan manis, misalnya Jawa Tengah, Aceh, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Riau, Bangka Belitung, dan Ternate,” kata Tati Sari Retnowati, SKM MSc.PH dari Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular dalam acara diskusi media bertema ‘Fenomena Diabetes Anak’ yang diselenggarakan Roche di Giggle The Fun Factory FX Senayan, Jakarta, Rabu (7/11/2012).
Temuan tersebut didasarkan pada hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007. Penelitian yang sama juga menemukan bahwa pengidap diabetes di Indonesia ada sebanyak 5,7 persen dari jumlah penduduk. yang mengkhawatirkan, sebanyak 73,7 persen di antaranya belum terdiagnosa atau tidak tahu bahwa ia sebenarnya mengidap diabetes.
Tati juga menjelaskan bahwa Indonesia kini tengah mengalami triple burden, yaitu menghadapi 3 masalah sekaligus dalam hal penanggulangan penyakit, yaitu muncul penyakit baru yang belum pernah ada sebelumnya maupun penyakit yang sudah lenyap namun muncul kembali, penyakit tidak menular dan penyakit tak menular.
Salah satu contoh penyakit tak menular adalah diabetes dan obesitas. Diabetes sendiri kini tengah menjadi penyebab kematian utama nomor 4 di dunia. Alasannya karena penyakit ini dapat memicu penyakit-penyakit kronis lain yang jauh lebih mematikan.
“Pemerintah lebih berupaya ke aspek hulu, yaitu preventif dan promotif, terutama pada aspek perilaku, misalnya membuat 5270 Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) di seluruh Indonesia. Pos ini dilengkapi beberapa fasilitas seperti pengukuran gula darah, tinggi badan, berat badan dan sebagainya,” pungkas Tati.
Title: Diabetes, Penyebab dan Penyebarannya; Written by Source Code Mas Is; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar